5.12.2011

brainware

Brainware Komputer

Brainware Kompurter adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :

A.SystemAnalyst

System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

B.Programmer

Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.


C. Administrator

Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

D. Operator

Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui, yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.

Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.

Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.

Konsep Tri Tunggal

Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :

  1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
  2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
  3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
  4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
  5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor :D.
  6. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
  7. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
  8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
  9. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
  10. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya :

  • Network Platform
    1. Administrator
    2. Backup Operator
    3. Network Config Operator
    4. Power User
    5. Remote Desktop User
    6. Replicator
    7. User
    8. Guest
    9. Debugger User
    10. Help Services Group
  • Web Platform
    1. Web Master
    2. Designer
    3. Operator
    4. User
  • Software Builder
    1. Analisis Sistem
    2. Programmer
    3. Operator

Brainware VS Software

UU Cyber yang telah disahkan Pemerintah menerapkan tiga level yaitu masyarakat, software dan jaringan provider. Dan Pemerintah telah membentuk Indonesia-Security Incident Response Team on Internet Infrastruktur (ID-SIRTII ; semacam badan pengawas internet Indonesia) Khusus software, program yang satu ini memang sengaja di produksi dan dibagikan secara gratis untuk meminimalisir tayangan yang kurang senonoh. Ya, kurang senonoh. Tetapi, seberapa efektifkah program ini bekerja, kita semua belum tahu. Apakah program ini bersifat preventif atau kuratif ?, kalau jawabannya preventif berarti program ini masih dalam masa percobaan dan kalo jawabannya kuratif berarti masalah yang dihadapi sudah cukup parah.Berbicara masalah software tidak akan terlepas dari kata hardware. Software merupakan program yang menunjang kerja hardware untuk mempermudah pekerjaan . Selain istilah di atas, ada istilah yang lebih penting lagi yaitu brainware (Sumber Daya Manusia pengguna komputer). Ketika software diciptakan, brainwarelah yang berjasa pada proses penciptaannya. Bentar, aku pasang headset dulu mo dengerin lagunya ROTRA.-Jagal Pabu

Kita semua tau bahwa software akan mengalami perubahan (update) guna memcapai titik yang diharapkan. Lain halnya dengan Brainware, ketika sebuah chip ( IQ ; Kecerdasan Intelektual, EQ ; Kecerdasan Emosi, dan SQ ; Kecerdasan Spiritual) ditanamkan ke otak kita, sebuah kejadian yang luar biasa akan terpatri di diri kita. Software perlu update untuk mengikuti perkembangan jaman begitu pula dengan brainware. Tanpa mengasah ketiga komponen diatas sangat mustahil bagi brainware untuk berbuat kemaslatahan di bumi ini.

Sedikit berbagi pengalaman tentang komponen diatas (software, hardware, brainware). Software tetaplah sebagai piranti lunak yang memudahkan kita untuk bekerja. Tetapi, memudahkan dalam urusan apa? Ketika mau pergi ke luar kota bersama keluarga, aku sengaja menitipkan laptop ke teman sekantor demi keamanan. Temanku tau persis bahwa laptopku isinya A – Z, aku percaya banget, mau dipake ngetik atau main game terserah. Dua hari bepergian sudah cukup untuk ngrefresh otak. Sebelum pulang, aku sempatkan mampir ke rumah teman untuk mengambil laptop n berbagi oleh2. Setiba di rumah aku coba liat isi laptop, he…he…he…. ternyata aktivitas yang dilakukan temanku tidak sebatas ngetik dan main game tapi lebih dari itu. 1. Window Media Player, file dengan ext. Dat. dan avseq terlihat dan meninggalkan jejak. 2. File foto biasa, istimewa ‘n spesial (maaf kaya’ menu martabak) terlah terbuka. 3. Aku dapat melihat aktivitas hentakan keyboard temanku selama dalam pemakaian. Keesokan harinya aku berusaha menanyakan film yang ditontonnya, seketika itu temanku terkejut,” Ah, nonton film apa? Kamu ada2 aja”. T’rus fotonya udah dapet blom? Seraya berpura2 tidak tau, dia mejawab,”Foto yang mana lagi?”. Dan yang ketiga sengaja aku tidak bertanya karena hanya aku yang tau. Secara sederhana, di kompi atau laptop telah terpasang secara auto. untuk mencatat/merekam serangkaian peristiwa (baca; log). Temanku tau persis isi laptopku A – Z tetapi dia tidak ngeh (baca; tau) software yang telah terinstall di laptop. Salah satu software itu ialah keylogger. Ya, Semua itu kembali pada brainware.

Brainware Management (Lima Tuntutan Kemampuan menjadi Pemimpin)

Ada lima tuntutan yang harus dipenuhi untuk menjadi pemimpin masa kini - sebagai Pemimpin Super - bahkan untuk masa mendatang. Kekurang mampuan memenuhi salah satu saja dari lima tuntutan ini membuat kepemimpinan seseorang menjadi rendah efektivitasnya. Lima tuntutan kemampuan yang merupakan satu kesatuan tersebut adalah :

  1. Cermat : diartikan teliti dalam menerima informasi. Pengkajian silang selalu dilakukan ( check and recheck ). Mampu berfikir dan bertindak sesuai dengan nalar yang sehat dan tidak begitu saja dapat dipengaruhi orang lain.Untuk itu tentunya ia harus memiliki wawasan yang luas agar dapat bertindak cermat dan benar ( general knowledge ).Ia harus selalu mau dan mampu untuk belajar secara terus menerus. Dengan perkataan lain, ia memiliki budaya belajar ( learning culture ).
  2. Amanah : dimaksudkan sebagai mampu untuk dipercaya dalam melaksanakan tugas/pekerjaan yang dipercayakan kepadanya. Tentunya, tidak akan terjadi penyalahgunaan kekuasaan, kepercayaan, ataupun titipan yang diperikan kepadanya. Dia tahu apa tugas dan kewajiban serta tanggung jawabnya dan berupaya memenuhinya dengan sebaik-baiknya.Maka, dia tidak akan mau menerima amanah bila amanah tersebut tidak akan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Penerima amanah tidak hanya bertanggung jawab pada orang yang memberi amanah, tetapi dia juga merasa harus mempertanggungjawabkan lebih jauh lagi pada Sang Pencipta.Tanggung jawab tersebut adalah dengan tidak menyalahgunakan amanah yang diterimanya, menjaga dan memelihara hubungan baik dengan masyarakat sekitar, dan menjaga kelestarian alam dalam arti luas. Jadi bukan bertindak sewenang-wenang karena merasa kebetulan dengan amanah tersebut dia memiliki kekuasaan tertentu.
  3. Memiliki keterampilan sesuai dengan tuntutan tugas,pekerjaan, dan tanggungjawab yang dipercayakan kepadanya. Tanpa keterampilan ini seseorang tidak akan mungkin mampu memahami bagaimana cara melaksanakn tugas pekerjaannya dengan baik. Dalam hal ini termasuk keterampilan membangun sinergi dengan orang lain dalam upaya melaksanakan tugas dan pekerjaan agar berhasil dengan baik.
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai cara komunikasi. Kemampuan komunikasi ini digambarkan dalam bentuk mampu untuk menyampaikan informasi dengan efektif dan mampu menyakinkan orang lain dengan baik.Kemampuan ini merupakan salah satu pilar untuk memperoleh kepercayaan dan rasa hormat dari orang lain. Dalam hal ini tidak akan terjadi masalah yang disebabkan kekeliruan dalam komunikasi (miscommunication).
  5. Memiliki Integritas dan Konsistensi yang tinggi. yang dimaksud dengan integritas adalah satu kata dengan pikiran, perasaan, dan perbuatan. Tidak dikenal apa yang disebut dengan "agenda tersembunyi" (the hidden agenda) dalam berinteraksi dengan orang lain. Konsistensinya yang tinggi membuat orang lbih mudah memahami apa yang dikatakan ataupun dilakukannya.

Hanya dengan memenuhi lima tuntutan ini seseorang akan mampu membangun rasa percaya diri dan rasa hormat dari orang lain dan dari dirinya pada orang (timbal balik).

Brainware Management berperan besar dalam membantu memenuhi kelima tuntutan ini, melalui antara lain pemahaman mengenai diri sendiri dan orang lain, kemampuan mengerahkan potensi diri, memotivasi diri sendiri dan sebagainya. Brainware Management membantu meningkatkan kemampuan kepemimpinan melalui penguasaan tiga unsur dalam melibatkan manusia seutuhnya. Ketiga unsur dimaksud adalah Body & Mind-Brain/Mental-Emotions yang saling terkait satu sama lain, dengan tentunya tetap berlandaskan hati nurani.

Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK - Brainware

Materi : Fungsi & Proses Kerja Peralatan TIK - Brainware.

Pertanyaan :

* Komputer baru bisa dioperasikan bilamana memenuhi 3 syarat pokok yang menjadi komponen utamanya. Bilamana tak dipenuhi, ya mana mungkin bisa dipakai. Pertanyaannya, jelaskan 3 syarat pokok yang dimaksud !

* Jelaskan perbedaan di antara Brainware, Hardware dan Software !

* Brainware
1. Siapakah-apakah Brainware Komputer itu ?
2. Peran umum (minimal 3) Brainware dalam Komputer ?
3. Sebutkan peran khusus (masing-masing minimal 3) Brainware dalam Komputer yakni :
* Produsen sekaligus Vendor ! Contohnya ?
* Distributor alias Vendor ! Contohnya ?

* Konsumen :
1. User Komputer secara Umum ? Contohnya ?
2. User Komputer sebagai Programmer ? Contohnya ?
3. User Komputer sebagai White Hacker ? Contohnya ?
4. User Komputer sebagai Black Hacker (Cracker) ? Contohnya ?

* Sebutkan hikmah yang diperoleh usai mengerjakan Tugas di atas !

Jawaban.........!!

#Memiliki Hardware, Software, dan Brainware. Itulah 3 syarat pokok komputer bisa dioprasikan
#Hardware : Atau juga bisa disebut Perangkat Keras. Komponen tersebut terdiri dari Mouse, CPU, Monitor, Keyboard dan perangkat2 lain yang terlihat oleh mata.
#Software : Atau juga bisa disebut Perangkat Lunak. Komponen tersebut terdiri dari aplikasi2 yang beroprasi pada komputer anda. Contoh : Winamp, opera, mozilla Dll
#Brainware : Nah yang ini adalah orang atau manusia yang mengoperasikan komputer tersebut.

1. Brainware ialah manusia yang mengoperasikan komputer
2. *Mengoperasikan Komputer
*Mendominasi maksudnya menentukan kinerja komputer.. Meskipun Hardware dan Softwarenya canggih tapi kalo Brainwarenya LOLA ya nda' bisa

3. 1. Sistem Analisis
Bertugas menganalisis masalah yang berhubungan dengan komputer serta merancang sistem komputer.
2. Programmer
Orang yang membuat program yang akan diterapkan pada komputer.
3. Operator
Orang yang bertugas mengoperasikan program yang telah dibuat oleh programmer.
4. Teknisi
Orang yang mempunyai tugas melakukan perawatan atau perbaikan peralatan komputer yang mengalami kerusakan.


#Yang dimaksud Produsen sekaligus Vendor adalah orang yang membuat program program komputer dan sekaligus mendistribusikannya kepada konsumen.
#Yang dimaksud Vendor adalah orang yang memperoleh program program dari Produsen da kemudian mendistibusikannya kepada konsumen.
#Yang dimaksud Konsumen adalah orang yang memakai atau mempergunakan program program tersebut.

1. Secara umum User Komputer adalah orang yang menggunakan, mengoperasikan, serta memanfaatkan program komputer.
2. User Komputer sebagai Programmer adalah orang yang membuat dan juga memakai program komputer.
3. Orang-orang yang melakukan aktivitas hacking dalam rangka memperoleh informasi tentang celah-celah keamanan, maupun kelemahan-kelemahan yang dimiliki untuk diberikan kembali kepada pihak yang bersangkutan untuk disempurnakan kembali.
4. Para User Komputer yang menggunakan kemampuannya untuk tujuan kriminal dan cenderung membahayakan kepentingan pihak lain. Pada umumnya orang-orang yang tergabung dalam kelompok ini adalah yang bergerak secara individu atau sesuai idealisme tertentu dan tidak terikat atas kepentingan pihak tertentu.

Hikmah yang dapat kita dapatkan adalah :
1. Kita dapat mengetahui perangkat/komponen penting komputer.
2. Kita dapat mengetahui peran kita sebagai brainware komputer.
3. Dan klasifikasinya
4. Sadar bahwa kita hidup ini ibarat komputer, memrlukan orang lain untuk saling melengkapi.
5. Serta mengetahui klasifikasi user.
6. Mengetahui bahwa masih ada orang yang memanfaatkan tekhnologi dengan cara yang salah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar